Kecerdasan dan Kedisplinan merupakan dua faktor penting ang ikut menentukan keberhasilan anak mengarungi dimasa mendatang. Apalah artinya nama besar Mike Tyson yang akhirnya dicabut lisensi bertinjunya gara-gara mengabaikan kedisiplinan dalam bertarung diatas ring? Selain faktor genetika, kecerdasan anak dapat dibangun melalui pendekatan kasih sayang orang tua.

The wall Street Jorunal pernah menerbitkan hasil penelitian yang isinya menyatakan faktor genetika lebih berperan dari pada lingkungan dalam menciptakan perbedaan kecerdasan.
Bangyan, seorang anak Papua Nugini, tertegun dan terus mengamati tingkah laku seorang peneliti asing yang sedang mengumpulkan tanaman yang ada di hutan papua untuk dijadikan herbarium. Kelak, tanaman-tanaman tersebut dibandingkan dengan tanaman dari negara lain. Tiba-tiba saja Bangyan dengan pola kanak-kanaknya mendekati sang peneliti ” Lihat tanaman kita sama” ujar anak itu sambil menujujkan tanaman yang baru ia petik.
Peneliti asal jerman itu kaget dan bingung sebab ia sendiri tidak bisa dengan segera menemukan kesamaan kedua tanaman tersebut. Bahkan ia perlu meminta bantuan dua ahli untuk meneliti. Hasilnya, sungguh membuat dia terkejut campur malu. kedua tanaman tersebut berasal dari genus yang sama.

Sejak dalam Kandungan
Kaus Bangyan menjadi menarik jika dikaitkan dengan pola asuh bayi dilingkungan masyarakat Papua Nugini. Dalam kultur mereka, peran wanita sangat dominan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu meski baru saja melahirkan, ibu-ibu disana segera cancut tali wanda menopang hidup keseharian mereka. Bayi pun terpaksa menempel terus bersama ibunya, meski si ibu bekerja.