Untuk membantu anda memahami teks dalam bahasa Inggris, teknik-teknik di bawah ini yang meliputi previewing, scanning, skimming, dan guessing mungkin dapat membantu anda walaupun memang penguasaan vocabulary sangat mutlak diperlukan. Ke empat teknik tersebut akan dibahas satu persatu:

1.1 Previewing
Previewing adalah suatu cara untuk melihat teks secara global. Tujuan previewing semata-mata untuk mendapatkan informasi umum mengenai kandungan suatu teks, terutama teks bacaan. Dari hasil pengamatan Mikulecky dan Jeffries (1996), melakukan previewing sebelum membaca teks memberikan konstribusi penting pada proses pemahaman informasi dengan tepat.
Previewing dilakukan dengan cara melihat kalimat-kalimat pertama dan kalimat terakhir pada masing-masing paragraph. Hal ini karena pola penulisan orang-orang berbasis bahasa Inggris punya kecenderungan induktif “straight to the point” (Ballard dan Clanchy, 1996).

1.2 Scanning
Scanning adalah melihat kata-kata tertentu dengan kecepatan tinggi. Contoh scanning dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika seseorang mencari nomor telepon di Telephone Directory. Untuk mendapatkan nomor telepon Budi Sudarsono, misalnya, seseorang tertentu tidak harus membuka buku itu dari bagian A sampai Z. orang tersebut cukup membuka halaman yang memeuat nama-nama dengan awalan B, lalu segera mencari nama Budi. Dalam tes, scanning digunakan untuk soal yang menanyakan persamaan kata tertentu dalam teks dengan salah satu kata yang tersedia dalam opsi jawaban, maka anda tidak harus membaca teks tersebut dari awal sampai akhir.

1.3 Skimming
Skimming dapat didefinisikan sebagai skill mencari informasi tertentu secara cepat yang terdapat dalam sebuah bacaan. Skimming harus didasari oleh kemampuan membaca yang cepat yang dibatasi konteks bacaan.

1.4 Predicting/ Guessing
Teknik ini biasanya merupakan senjata andalan bagi anda yang memiliki masalah dengan vocabulary. Anda tidak boleh menyerah menghadapi pertanyaan yang mengarah pada kata-kata yang tidak anda kenal sama sekali. Maka teknik ini (baca: predicting/ guesing) sangatlah tepat untuk mengatasi hal ini. Teknik ini menitikberatkan pada ketrampilan menerka, maka kemungkinan salah pasti ada. Namun demikian, bila anda ,menguasai teknik guessing dengan benar, niscaya anda akan memperkecil kemungkinan terjadinya ‘salah pilih’ jawaban.
Saat anda melakukan guessing, anda harus memperhatikan dengan sungguh-sungguh konteks bacaan yang mendukung makna kata yang anda terka ini.